Keliling Kagoshima bersama SATI: “Toko makanan halal”

Rijal020

Halo, jumpa lagi dengan Sati dalam Keliling Kagoshima. Kali ini kita akan membahas tentang tempat-tempat belanja untuk makanan yang halal. Tinggal di Negara yang mayoritas penduduknya bukan beragama Islam, tentu sangat sulit sekali. Hal ini disebabkan oleh keraguan kita dalam bahan-bahan yang terkandung dalam makanannya. Ujung-ujungnya pilihan terakhir akan jatuh pada makanan-makanan yang berasal dari laut.

Terkadang suatu waktu, kita juga ingin memakan daging sapi atau daging ayam tapi tidak tahu tempat untuk membelinya. Bagi anda yang akan berkunjung ke kota Kagoshima dan merupakan kunjungan pertama kali, mari kita lihat beberapa tempat yang bisa menjadi pilihan untuk berbelanja bahan makanan halal, seperti daging dan lain-lainnya.

Sati akan mengajak kita berkeliling Kota Kagoshima dengan sepeda andalannya. Untuk memudahkan pencarian lokasinya, perjalanan ini akan kita mulai dari stasiun utama Kota Kagoshima (Chuo Eki). Dalam perjalanan keliling Kota Kagoshima kali ini, Sati akan bercerita, memberikan foto dan membuat sketsa untuk setiap tempat yang akan kita kunjungi.

Rijal004(edit)Sati akan memulai perjalanan kali ini dari Chuo Eki.

1. Kaldi dan Toko ayam halal, Amu Plaza, Chuo Eki

Perjalanan kita mulai dari Chuo Eki atau stasiun utama Kota Kagoshima. Di sini kita akan menemukan dua buah toko yang saling berhadapan, Toko ayam halal dan Kaldi. Kedua toko ini terletak pada lantai dasar. Jika kita melihat denah lantai dasar dari AMU Plaza ini, maka toko Ayam halal terletak pada urutan nomor 16. Tepat di depan toko ayam halal tersebut, kita akan melihat toko besar dengan nama “Kaldi”. Toko Kaldi ini menjual beraneka makanan dari berbagai Negara, juga termasuk Indonesia. Kita bisa menemukan berbagai macam bumbu instan khas Indonesia, mulai dari nasi goreng, sate, saus sambal, kecap, santan dan lainnya.

IMG_8670Toko Kaldi, foto oleh Sati.

2. Akebono, dekat stasiun Kishaba, Kishaba.

Dari AMU Plaza atau Chuo Eki, perjalanan kita lanjutkan ke Khisaba. Perjalanan ini bisa menggunakan Tram (City Densha) dari Chuo Eki, kemudian transit di stasiun Takamibaba dan perjalanan dilanjutkan sampai di stasiun Kishaba. Toko Akebono ini terletak di sebelah kanan kita, apabila kita menghadap ke arah selatan (Stasiun Kishaba terletak di arah selatan Stasiun Takamibaba). Toko Akebono ini terkenal dengan aneka sayur dan buah-buahan segar dengan harga yang miring. Di toko ini kita bisa menemukan ayam dan daging ayam giling yang halal.

Rijal016Sati: “Mari kita belanja buah dulu di あけぼの(Akebono)”.

3. Asrama mahasiswa Universitas Kagoshima (Kaikan), Shimoarata.

Khusus pada hari jum’at, atau lebih tepatnya setelah shalat jum’at akan ada saudara sesama muslim yang berjualan di Kaikan. Di sini kita bisa menemukan daging sapi, daging kambing dan daging ayam dengan berbagai pilihan. Asrama mahasiswa Universitas Kagoshima atau Kaikan ini, dapat dijangkau dari stasiun Kishaba, dan perjalanan dilanjutkan ke arah Timur. Dari stasiun Kishaba kurang lebih 5 menit jalan kaki. Asrama mahasiswa ini terletak bersebalahan dengan gedung Fakultas Perikanan dan Guest House, Universitas Kagoshima.

Rijal021Sati: “Setelah shalat jum’at, waktunya membeli daging untuk buat rendang…hehehe”.

4. A-price, Jonancho.

Untuk memudahkan rute perjalanan, kita mulai lagi dari Chuo Eki menggunakan City Densha, dengan rute yang sama kita transit di stasiun Takamibaba dan berhenti di stasiun Shinyashiki. Perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki (sesuai dengan peta). Atau cara yang lebih mudah adalah menggunakan taksi dan anda tinggal menyebutkan toko A-price di Jonancho, maka supir taksi akan mengerti. Toko A-price ini, hampir sama dengan Kaldi, juga menjual makanan dari berbagai Negara. Di sini kita bisa menemukan Ayam halal.

Rijal012Sati: “kita sampai di A-price”.

Map A-priceSati: “Peta lokasi A-price, jangan sampai tersesat ya!”.

Itulah beberapa tempat dimana kita bisa menemukan bahan makanan yang halal. Perjalanan keliling Kagoshima kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua, terutama untuk menemukan makanan-makanan halal. sampai jumpa lagi dengan Sati dalam keliling Kagoshima berikutnya.

4 responses to “Keliling Kagoshima bersama SATI: “Toko makanan halal”

  1. kereen.. pernah bikin aplikasi program young leader ke kagoshima.. tapi gak lulus, semoga ada kesempatan yang lain.. aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s