Japanese Food: “Okonomiyaki”

Warung makan kedua yang saya kunjungi sejak keberadaan saya di Negeri Sakura ini adalah Warung Okonomiyaki “Nonchan”. Warung Okonomiyaki ini sangat terkenal diantara para mahasiswa di Universitas Kagoshima, disamping letaknya yang dekat dengan kampus Korimoto, juga harganya pun murah meriah sangat cocok dengan kantong mahasiswa.

Okonomiyaki - RijalOkonomiyaki.

Okonomiyaki (Bahasa Jepang, O-Konomiyaki; sesuatu yang diinginkan, yaki; panggang), jadi berarti sesuatu yang diinginkan untuk dipanggang. Okonomiyaki terbuat dari campuran tepung terigu, telur sayur-mayur dan daging atau sea food. Kalau diistilahkan akan seperti bakwan ukuran jumbo atau seperti Pizza khasnya orang jepang, menurut saya…hehehehe.

Okomiyaki - Rijal (2)Okonomiyaki dan Yakisoba.

Okonomiyaki - RijalPada umumnya, Okonomiyaki dimasak dengan menggunakan penggorengan datar atau disebut “Teppan”, secara umum semua masakan yang dimasak dengan makanan ini disebut “Teppanyaki”. Warung ini pun menggunakanTeppan untuk memasak setiap menunya. Okonomiyaki ini disajikan dengan menggunakan Hot plate dan untuk topping biasanya diapakai Aonori (rumput laut) dan Katsuobushi (parutan dari awetan ikan Katsuo).

Nonchan - RijalOba-chan pemilik warung “Nonchan”, saya dan pegawai Oba-chan.

Setiap kali makan di warung “Nonchan” ini, tiga menu yang selalu dipesan adalah; Okonomiyaki, Yakisoba (Bahasa Jepang, Yaki; Panggang, Soba; Mie), jadi mie goreng, agak sedikit tidak nyambung antara panggang dengan goreng. Menu yang ketiga adalah “Chahan” atau nasi goreng ala Jepang. Untuk menu yang ketiga ini merupakan menu yang special, karena tidak semua orang bisa memesan menu ini. Khusus bagi kami mahasiswa asing dan sudah kenal dekat dengan Oba-chan (Bahasa Jepang, nenek) pemilik warung, lebih tepatnya teman saya yang kenal dekat dengan Oba-chan tersebut.

Itulah cerita tentang Okonomiyaki dan warung “Nonchan”, salam hangat dari Kagoshima.

Okomiyaki - Rijal (3)Salam hangat dari Kagoshima saat makan Okonomiyaki…hehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s