Japanese Food : “Kurumayadon”

Apabila bercerita tentang makanan, terutama makanan favorit, tentu saja akan selalu mengingatkan kita tentang rumah. Karena di rumahlah berbagai masakan yang luar biasa enak tercipta dari tangan penuh kasih Ibu. Kadang saat kita berada pada tempat yang sangat jauh dari rumah, aroma masakan ibu menari-nari dalam pikiran seakan-akan mengajak kita untuk segera pulang. Dan selalu saja Ibu dengan senyuman lembutnya, sambil menghidangkan berbagai jenis makanan, kemudian dengan nada yang paling indah Ia mengajak kita makan bersama. Home sweet home, I love you Mom.

Jika dibandingkan dengan masakan Ibu, tentu saja, semua masakan akan kalah telak, karena selera yang berbicara. Namun kali ini ingin juga bercerita pengalaman tentang makanan dari negeri Sakura, Jepang yang juga terkenal dengan beragam makanan khasnya. Negeri dimana saya menuntut ilmu dan belajar tentang alam, sehingga akan selalu mendekatkan hati dan pikiran kita pada Sang Pencipta, dan membuat kita selalu bersyukur akan hal itu.

Pertama kali saya diajak makan di restoran waktu saya di Kagoshima, Kyushu, Jepang oleh rekan-rekan lab adalah sebuah tempat yang bernama “Kurumaya” (Bahasa jepang; Kuruma = mobil, akhiran “ya” berarti toko atau warung). Terasa aneh sekali namanya, kalau diartikan tentu saja menjadi “Toko Mobil”,tapi itulah adanya. Makanan special yang terdapat di toko ini adalah “Kurumayadon” (Bahasa jepang; “don” disini berarti nasi), kalau kita artikan menjadi nasi dan mobil.

Kurumaya - RijalDi dalam Kurumaya

Apabila anda berkujung ke rumah makan ini, pertama sekali sang pelayan akan menyuguhi anda dengan segelas ocha dan sebuah “Tofu” atau tahu, yang dimakan dengan menggunakan “Soyu” kecap asin dari Jepang dan beberapa iris “Daikon” (lobak jepang, dengan nama latin Rhapanus sativus).  Setelah itu beragam makanan dengan bahan dasar ikan atau seafood tinggal dipilih untuk dipesan, dan jangan lupakan makanan special “Kurumayadon”.

Ocha - RijalTofu, Ocha dan Daikon

Kurumayadon merupakan makanan dengan lauk pauknya berupa berbagai macam ikan dan seafood, yang unik disini adalah, Nasi yang di atasnya akan bertaburan berbagai macam lauk, shashimi berbagai jenis ikan, sashimi gurita, udang, sashimi cumi-cumi, telur ikan salmon, irisan rumput laut dan daun mint sebagai pemanis.

Kurumayadon - RijalKurumayadon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s