Menggoreng Pisang yang baik dan benar bersama PPIK

Apakah anda suka makan goreng pisang, tentu saja jawabannya suka sekali. Kalau pertanyaannya diganti, apakah anda pernah membuat goreng pisang sendiri? Jawabannya pikir-pikir dulu. Karena membuat goreng pisang tidak semudah yang dibayangkan, karena setiap pisang yang digoreng tidak selalu menjadi goreng pisang, nah lho?.

Untuk membuat goreng pisang yang luar biasa enak, memerlukan skill memasak yang tinggi, berpengalaman menggoreng pisang dan yang paling penting kalau ada, sertifikasi pembuatan pisang goreng dari Institusi tertentu, tapi kalau anda belum memiliki sertifikasi ini sebaiknya lebih berhati-hati kalau ada razia, segera gunakan helm sewaktu berkendara. Wah, sudah mulai nggak nyambung cerita pembuatan pisang gorengnya, mari kembali ke topik utama kita, pisang goreng.

Chef-chef hebat PPIK akan memberikan beberapa rahasia yang sudah diketahui oleh khalayak ramai tentang bagaimana cara mengolah dan membuat goreng pisang. Mari kita persilahkan kepada Master Chef PPIK untuk memulainya.

Pisang goreng ala PPIK (4)Para Chef menyiapkan alat dan bahan

“Baiklah, bapak-bapak dan Ibuk-ibuk sekalian, sebelum kita memulai menggoreng pisang, sebaiknya kita siapkan dulu alat dan bahannya” Chef PPIK mulai memperkenalkan alat dan bahan.

“bahan utama, yaitu Pisang. Dalam memilih pisang, jangan pilih pisang yang terlalu masak. Kalau kita memilih pisang di Indonesia, tentu akan banyak pilihan pisangnya, tapi kalau di Kagoshima, Cuma ada satu jenis pisang, wah saya lupa nama pisangnya, kita namakan saja “pisang kuning”. Pilih pisang kuning yang tidak terlalu masak” lanjut sang Chef.

Pisang goreng ala PPIK (3)Pisang Kuning

“setelah itu, siapkan bahan-bahan lainnya, Tepung, garam, Minyak goreng” sambil menunjuk bahan-bahan yang disebutkan.

Pisang goreng ala PPIK (7)Tepung

Pisang goreng ala PPIK (9)Minyak goreng

“satu hal penting yang harus diingat, apapun jenis pisangnya, asalkan masih dikelompokkan ke dalam pisang-pisangan, itu bisa digoreng. Jadi, tidak perlu terlalu cemas”

“Pisang dikupas kulitnya, dan dibentuk sedemikian rupa, sambil potong-memotong pisang kita bisa memanaskan minyak dan penggorengan. Setelah Pisang dibentuk, tepung yang digunakan adalah tepung beras, garam dan vanili. Nah itu kan yang biasa, yang membuat goreng pisang ini menjadi luar biasa adalah, tepung yang digunakan adalah tepung yang sama dengan tepung tempura. Sehingga menghasilkan rasa yang lebih enak” Chef menjelaskan sambil memasukkan pisang-pisang dengan balutan tepung ke dalam penggorengan.

Pisang goreng ala PPIK (2)Pisang dibentuk dan dikupas

Pisang goreng ala PPIK (12)Pisang diluluri dengan tepung

Pisang goreng ala PPIK (13)Setelah itu digoreng

“chef saya mau tanya, bukannya kedua tepung tersebut sama?”

“hmmm, gimana ya, kasih tau gak ya, mau tau aja atau mau tau banget” jawab chef.

“chef…chef…chef…pisagnya…pisangnya, nanti hangus” orang yang bertanya tadi khawatir kalau pisang yang sedang digoreng akan hangus.

Pisang goreng ala PPIK (14)Masak sampai pisang kecoklatan, ini bukan hangus lho

“oh, terima kasih banyak, hampir saya lupa” chef segera mengangkat dan mengeluarkan pisang yang sudah matang, belum hangus kok, dan terlihat sangat enak.

“nah, pisang goreng ala PPIK sudah jadi, silahkan dinikmati, hmmmmm…Krenyesss”.

Pisang luar biasa ala Chef hebat PPIK sudah jadi, tentu anda heran  apa yang membuat pisang goreng ini berbeda dan luar biasa jika dibandingkan dengan pisang goreng lainnya. Jawaban untuk pertanyaan itu adalah tempatnya, dimana pisang goreng itu dibuat. Kalau pisang goreng ini dibuat di Indonesia, tentu akan menjadi pisang goreng biasa, karena pisang goreng lainnya sangat banyak yang akan menjadi saingannya. Pisang Goreng luar biasa PPIK ini dibuat di kota yang tidak ada satupun orang yang jualan pisang goreng, bahkan sangat-sangat susah untuk menemukan pedagang pisang goreng. Jadi itulah yang membuat pisang goreng ini luar biasa, sebagai suatu kenikmatan dunia di negeri tanpa pedagang pisang goreng. Terima kasih banyak untuk Chef-chef yang luar biasa yang telah menyajikan pisang goreng yang tak kalah luar biasanya, Buk Efi, Buk Utami dan Mbak Dian.

Salam Pisang Goreng…Krenyesssss!

Pisang goreng ala PPIK (15)Pisang goreng krrrenyess ala PPIK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s