Big Mistake

Apakah pernah seseorang bertanya tentang kesalahan terbesar yang pernah kita lakukan. Kalau belum pernah, maka saya akan bertanya kepada anda, “Apakah kesalahan terbesar yang pernah anda lakukan dalam hidup anda?”. Tentu saja akan beragam jawaban yang akan muncul, tapi pastinya ada dua kemungkinan, jawaban tersebut Jujur atau Bohong.

Kalau jawaban anda “saya tidak pernah melakukan kesalahan besar dalam hidup saya”, berarti anda adalah seorang perfeksionis. Namun pada saat sekarang, hal itu tidak akan mungkin, karena manusia itu tidak sempurna dan tidak lepas dari kesalahan. Berarti jawaban anda tersebut tidak jujur. Dua kesalahan yang dilakukan, pertama anda tidak jujur dengan diri anda sendiri, dan kedua adalah menyombongkan diri dengan jawaban tersebut.

Pertanyaan ini, walaupun sangat mudah untuk ditanyakan, tapi akan sangat sulit untuk menjawabnya, karena biasanya kita tidak ingin rahasia terbesar kita diketahui oleh orang lain. Apakah harus menjawab dengan jujur, apakah harus berbohong, atau mengalah dengan mengatakan mohon ditukar pertanyaanya. Hal itu kembali pada diri kita masing-masing.

Pertanyaan seperti ini juga pernah ditanyakan kepada para kontestan Miss Universe, kepada seorang Presiden dan orang-orang besar lainnya. Tapi, suatu jawaban akan mempengaruhi bagaimana pribadi anda menurut pandangan orang lain. Apakah jawaban anda jujur atau tidak, mengada-ada atau tidak, yang jelas, orang lain akan melihat anda dari jawaban tersebut.

Janganlah pernah gegabah dalam hal ini, janganlah menyombongkan diri dan janganlah berdusta. Karena yang tidak pernah melakukan kesalahan itu hanyalah Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT. seharusnya kita bersyukur dengan apa yang kita miliki, dan mengakui kesalahan yang kita lakukan, sehingga kita bisa memperbaiki kesalahan tersebut. Dan, tidak harus kesalahan itu disampaikan ke khalayak ramai, tapi apabila anda dihadapi dengan pertanyaan yang sama, hal itu kembali pada diri kita masing-masing. Apakah berkata jujur, bohong atau mengalah. Mari kembali intropeksi diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s