Apakah ini namanya sukses?

Masa lalu, kawan-kawan dulu, saat kembali melihat foto-foto mereka, kembali terlintas kenangan bersama di masa lalu. Kenangan sekitar beberapa tahun yang lalu, mungkin delapan tahun waktu yang telah berlalu, lebih dari cukup untuk membuat suatu perubahan besar. Saya bertanya; apa yang mereka lakukan sekarang?, perubahan seperti apa yang terjadi pada mereka?, dimana dan apa pekerjaan mereka sekarang?, apakah mereka sudah sukses?.

Kawan-kawan dulu,  kawan seperjuangan, kini mereka semua sudah berpencar ke seluruh penjuru bumi. Walaupun begitu kita tetap terhubung, dengan canggihnya system telekomunikasi dan teknologi pada saat ini, membuat jarak tak lagi menjadi masalah. Salah satunya adalah dengan menggunakan jejaring sosial.

Saat melihat foto-foto dan informasi mereka pada saat ini, ternyata mereka sangat bahagia, bahagia dengan hidup mereka, bahagia dengan pekerjaan mereka, saya lihat tawa yang sangat bahagia. Semuanya sudah menjadi dewasa dan sukses. Kawan-kawan dulu, mereka yang memberi saya inspirasi dan mereka yang memberi saya batasan untuk dikejar, walau secara tidak lansung dan tidak mereka sadari. Kawan-kawan dulu, setiap mereka dengan keahlian masing-masing, dan saya ingin mengalahkan mereka semua, saya ingin menjadi lebih ahli dari mereka. Dengan itu, saya telah mengalami banyak hal, saya telah mengalami banyak perubahan, tapi apakah ini namanya sukses?.

Pertanyaan mendasar menurut saya, apakah saya sudah sukses?, apakah yang dinamakan sukses?, apakah yang saya lakukan sekarang akan mengantarkan saya ke kondisi yang dinamakan sukses?.

Sukses, sebuah kata dalam kamus besar bahasa Indonesia berarti; berhasil dan beruntung. Apakah hanya berhasil dan beruntung saja dinamakan sukses dalam kategori apa?. Kalau definisi sukses hanya itu berarti saya belum sukses dan juga kebanyakan orang di dunia belum sukses. Sukses seharusnya memiliki pengertian yang lebih luas dan tidak mengacu pada satu bidang saja. Apabila anda berhasil dan beruntung menjadi artis, berarti anda telah sukses menjadi artis. Bagaimana dengan saya, sampai sekarang saya belum berhasil dan tentunya tidak beruntung menjadi artis, apakah saya tidak sukses. Kalau pengertian sukses hanya seperti ini, akan banyak orang yang tidak sukses lainnya.

Sukses seharusnya lebih dikembangkan lagi pengertiannya, suskes seharusnya bersifat relatif sehingga mewakili setiap orang dengan berbagai profesi dan kondisi. Jika sukses diperluas artinya, akan menjadi; suatu kepuasaan terhadap hasil dari pekerjaan yang telah dilakukan, sehingga membawa sesuatu yang positif bagi diri sendiri dan bagi orang lain. Kalau menurut saya, situasi seperti ini yang layak dinamakan dengan sukses, suatu Kepuasan diri terhadap apa yang telah dilakukan dalam hal yang positif.

Misalnya, seorang teman yang tidak bisa memasak, mencoba dan belajar terus untuk memasak satu jenis makanan yang disukainya. Ketika dicicipi makanan tersebut enak, walau dibandingkan dengan rasa rumah makan besar atau restoran masih kalah jauh, tapi menurut saya dia sudah sukses dengan usahanya. Karena terbukti dengan, hasil masakannya habis dan semua makan dengan lahap. Suatu kepuasan batin yang positif, yang juga berdampak positif pada lingkungan sekitar. Menurut saya itulah yang dinamakan sukses.

Masih banyak yang harus kita capai, untuk membuat kita sukses, masih banyak usaha yang harus dilakukan. Namun sebelum itu, kita harus membuat suatu tujuan atau batasan, kapan kita akan menikmati sukses tersebut, mungkin kita sadari ataupun tidak, tapi tetaplah selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki sekarang. Karena Sukses itu tidak akan didapatkan tanpa hal-hal yang telah kita miliki saat ini. sukses selalu  dan selalu sukses untuk semua.

Leave a Reply

