Gotong Royong PPIK dan Group Angklung Bhinneka

Persatuan Pelajar Indonesia di Kagoshima, Jepang (PPIK) yang bertujuan sebagai Duta Bangsa yang membuka  pintu gerbang untuk memperkenalkan Indonesia ke Dunia Internasional, terutama Jepang. Hal ini dibuktikan dengan kerjasama yang dilakukan oleh PPIK dengan Group Angklung Bhinneka. Mereka sama-sama belajar untuk memainkan dan melestarikan salah satu budaya Indonesia, yaitu Angklung.

Group Angklung Bhinneka merupakan Group musik yang terdiri dari Orang-orang Jepang yang tertarik dan ingin mempelajari alat musik angklung. Group ini sudah tampil dalam even-even besar yang diadakan di Kota Kagoshima dan juga aksi-aksi sosial lainnya seperti; kunjungan ke panti-panti Jompo, sekolah-sekolah di Kota Kagoshima. Dalam setiap penampilan, PPIK dan Group Angklung Bhinneka bersama-sama membawakan lagu Indonesia maupun lagu Jepang.

PPIK dan Group Angklung Bhinneka biasanya melakukan latihan rutin satu kali dalam seminggu, biasanya pada jum’at malam dari pukul 07.00 sampai 09.00. Latihan ini diadakan di Kaikan (asrama mahasiswa) Universitas Kagoshima. Latihan ini juga dalam rangka mempererat rasa kekeluargaan antara sesama anggota PPIK dan juga dengan group Angklung Bhinneka sendiri.

Pada tanggal 29 Desember 2012 yang lalu, Group angklung Bhinneka dan PPIK melakukan gotong royong membersihkan Angklung. Angklung-angklung  yang baru datang, kiriman lansung dari Bandung, harus dibersihkan dan diberi label untuk nadanya sehingga lebih mudah dalam memainkannya. Supaya tahan lama, angklung-angklung ini juga diberi zat anti serangga.

PPI KagpshimaMemberi label nada pada angklung

PPI KagoshimaMembersihkan angklung

PPI Kagoshimamembersihkan angklung

Semuanya sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Ada yang menggosok bagian luar angklung, ada yang membersihkan bagian dalamnya, ada yang memberi label nada, ada yang menjemur angklung, ada yang sibuk mondar-mandir, ada yang sibuk menyiapkan makanan, intinya semuanya sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Semua angklung yang sudah dibersihkan disemprot terlebih dahulu dengan zat anti serangga, dan selanjutnya  disimpan.

IMG_0609angklung yang sudah dibersihkan

PPI KagoshimaIstirahat setelah Gotong Royong

Aksi bersih-bersih angklung ini ditutup dengan minum Ocha bersama. Betapa nikmatnya Suasana ini, betapa bangganya menjaga dan melestarikan budaya Indonesia di Negeri Sakura. Semoga kebersamaan ini terus berlanjut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s