Terima kasih banyak Ibu, atas nama yang kau berikan

Dalam nama terkandung do’a.  Setiap panggilan merupakan do’a bagi yang memiliki nama. Betapa indahnya do’a dari nama dan panggilan yang memiliki arti yang indah. Setiap orang berhak memberikan nama apapun kepada anaknya, namun setiap orang tua harus memiliki ilmu dalam pemberian nama ini. sehingga nama yang diberikan tidak asal dan tidak memiliki pengertian yang negatif.

Sebelumnya saya mohon maaf, apabila terdapat kesamaan nama dalam contoh yang saya gunakan, tidak bermaksud untuk menghina atau mencela orang-orang tertentu. Saya hanya ingin menyampaikan sebuah informasi, yang menurut saya informasi ini sangat penting, terutama bagi orang tua dalam memberikan nama kepada anaknya. Supaya nama yang diberikan, nama yang indah yang di dalamnya terkandung pula do’a yang indah.

Kenapa di dalam nama terkandung do’a, karena nama memiliki suatu arti. Orang tua menamakan anaknya sama dengan artis idolanya, mungkin itu berarti orang tua tersebut ingin dan berdo’a supaya anaknya bisa menjadi artis idola. Orang tua menamakannya anaknya sama dengan pemain sepak bola terkenal, mungkin sang orang tua ingin anaknya menjadi bintang sepak bola di masa depan. Orang tua memberikan nama kepada anaknya sama dengan nama Rasulullah, para Nabi, para Sahabat-sahabat Nabi dan tokoh agama Islam terkenal lainnya, berarti sang orang tua ingin anaknya menjadi orang yang saleh dan seorang pemimpin yang tangguh.

Tapi sayangnya, orang tua memberikan nama kepada anaknya bukan berdasarkan arti atau tujuan tertentu, tapi orang tua tersebut memberikan nama kepada anaknya, karena nama itu terdengar indah dan bagus, yang terkadang arti dari nama itu sesuatu yang bersifat kurang bak. Misalnya kita mbil contoh nama; “Amelia” (sekali lagi, saya mohon maaf apabila terdapat kesamaan nama dalam contoh ini, saya tidak ingin menjelekkan atau memburukkan nama seseorang). Kenapa saya mengambill contoh nama Amelia, karena nama ini sangat indah dan enak didengar, akan tetapi tahukah anda arti dari Amelia itu sendiri. Amelia merupakan kata dari bahasa latin yang terdiri dari dua kata “A” yang berarti tidak dan “Melia” yang berarti anggota tubuh. Amelia merupakan nama syndrome yang diberikan oleh para Dokter kepada bayi yang anggota tubuhnya tidak berkembang, seperti tangan atau kaki. Tetra-Amelia berarti tangan dan kakinya tidak berkembang.

Sekedar ingin memberikan informasi bahwa sebuah nama merupakan do’a, tanpa bermaksud merendahkan dan mencela orang-orang tertentu. Setiap kita, baik yang telah menjadi orang tua ataupun calon orang tua, seharusnya memiliki pengetahuan tentang ini, karena dalam nama terkandung do’a.

Terima kasih Ibu, atas nama yang kauberikan. Nama yang indah dengan arti yang indah pula. Terima kasih banyak Ibu, Kau memberi anakmu ini nama Rijal Satria. Rijal yang dalam bahasa arab berarti laki-laki. Sedangkan Satria kau ambil dari bahasa sangsekerta yang berarti bersifat seperti seorang prajurit.

Terima kasih banyak Ibu, atas nama yang kau berikan. “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, Sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku sewaktu aku kecil, amin”

Rijal SatriaUntuk Ibu dan Ayah nomor satu seluruh dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s