Saya bersyukur masih punya Jari tangan

Saya sangat bersyukur saya masih mempunyai jari tangan, pagi ini saya diingatkan tentang kembali bersyukur dengan apa yang kita miliki sekarang. Apakah anda pernah bermimpi?, tentu saja semua orang pernah bermimpi. Seperti apa mimpi yang anda alami, apakah mimpi itu biasa saja atau sangat mengesankan sekali, atau sewaktu anda terbangun anda sudah lupa dengan mimpi anda?.

Pagi ini saya terbangun karena saya  bermimpi, dalam mimpi saya, saya melihat orang-orang di sekitar saya tidak memiliki jari tangan. Sebuah mimpi yang sangat aneh saya rasa, dalam mimpi itu hanya saya sendiri yang memiliki jari tangan. Saya melihat mereka yang tanpa jari tangan, tetap berusaha dan bekerja seperti biasanya, walau mereka sangat sulit untuk menggenggam. Mereka tetap berusaha membawa sebuah benda yang ukurannya sekitar dua kali besar kepala, saya kurang tahu apa pastinya benda tersebut, walaupun jatuh bangun, mereka tetap berusaha membawa beda tersebut.

Saya berpikir, kalau mereka mempunyai jari tangan, tentu saja mereka akan dengan mudah mengangkut benda tersebut. Tidak perlu jatuh bangun seperti itu. Apakah yang mereka bawa? Kenapa mereka begitu bersemangat?. Saya sudah terbangun sebelum menjawab pertanyaan ini, setelah itu tentu saja secara otomatis saya melihat jari tangan saya. Apakah masih ada atau tidak?. Saya bersyukur jari tangan saya masih ada. Bagaimana kalau setelah mimpi itu jari tangan saya juga hilang pada saat saya terbangun. Apakah itu mungkin, ya! Sangat mungkin sekali, bisa kita terangkan secara Religius dan juga bisa kita terangkan secara logika. Secara religious, Tuhan memiliki kekuasaan yang tidak terbatas, Dia mengusai seluruh alam dan isinya, untuk menghilangkan jari tangan saya, sangatlah sepele bagi tuhan. Kalau kemungkinan secara logika, mungkin saja seorang pencuri masuk ke dalam rumah saya, kemudian mengambil semua harta saya dan juga mengambil jari tangan saya, itu merupakan sebuah kemungkinan.

Pada pagi ini, menurut pendapat pribadi saya, saya telah diingatkan secara spiritual tentang hal-hal yang bersifat religius yang saya yakini. Keberadaan Tuhan yang Maha Esa, yang menciptakan semuanya dan juga dengan mudah akan merenggutnya.

Saya teringat tentang sebuah pelajaran evolusi yang membahas tentang perkembangan embrio. Sebuah teori yang dikemukan oleh Ernst Haeckel, teori ini disebut dengan teori Rekapitulasi atau “Ontogeny Recapitulates Phylogeny”. Teori membahas tentang perkembangan embrio yang terjadi pada manusia dan hewan, perkembangan embrio tersebut merupakan pengulangan proses evolusi yang terjadi pada spesies.

embryo-compareIlustrasi Ernst Haeckel tentang perkembangan embrio

Bagi kita yang memiliki agama, dan percaya dengan keberadaan Tuhan, Allah SWT. tentu saja kejadian perkembangan embrio ini merupakan bagian dari kekuasaannya. Kalau misalnya berdasarkan teori ini dalam prosesnya kita berubah menjadi spesies lain, apabila dalam proses perkembangannya terganggu oleh zat kimia lain atau berbagai bentuk gangguan lainnya. Dan juga dalam perkembangan embrio itu sendiri, apa yang akan terjadi, apabila jari-jari kita tidak terbentuk?. Atau sel-selnya tidak membelah?. Tentu saja dalam proses ini terdapat kekuatan Tuhan Yang Maha Besar, Allah SWT.

Hanya satu jari saja hilang, tentu kita akan sangat merasakan kehilangan yang luar biasa. Sedangkan hanya mengalami luka kecil pada jari tangan, kadang kita tidak bisa menggunakan jari tangan secara maksimal, dan pada saat itu kita tahu apa artinya sehat.

Jangan sampai, kita kehilangan semua jari, baru kita sadar bahwa ternyata jari tangan itu sangat penting. Itu baru jari tangan, bagaimana dengan ni’mat yang lainnya, yang telah diberika oleh Allah SWT kepada kita. Kita hanya diminta untuk bersyukur dan menjaganya.

Saya bersyukur saya masih mempunyai jari tangan. Saya bersyukur dengan semua yang saya nikmati saat ini, Alhamdulillahirobbil’alamin.

Leave a Reply

