Misteri di balik film TOTORO

Film animasi Totoro ternyata memiliki sebuah misteri yang sampai saat ini masih menjadi suatu pertanyaan. Setelah menyaksikan film Totoro, tentu kita akan berpikir bahwa Totoro merupakan roh pohon atau roh gunung yang baik hati dan menyukai anak-anak, karena hanya anak-anak yang bisa bertemu dan melihatnya. Tulisan kali ini, mungkin akan mengubah pendapat anda tentang Totoro, tapi disini saya tidak menghakimi Totoro secara lansung, sampai sekarang pun saya tetap jatuh hati pada film ini, film yang secara objektif penuh dengan hal positif. Tulisan ini tidak berdasarkan pendapat saya, tapi merupakan rangkuman dari beberapa artikel yang membahas tentang rumor dibalik film ini. Pendapat saya pribadi, saya tidak bisa menetapkan bahwa rumor tersebut benar atau salah, tapi kalau berdasarkan bukti-bukti yang dipaparkan, berkemungkinan bahwa film ini terinspirasi dari rumor tersebut, yang oleh kreatifitas sang director mengubahnya menjadi film animasi yang imajinatif dan penuh nilai positif.

Saya akan menyampaikan beberapa rumor di balik film Totoro ini. saya sarankan kepada anda yang menyukai film ini, jika anda tidak ingin pandangan anda terhadap film ini berubah, jangan lanjutkan untuk membaca artikel ini.

Rumor tersebut mangatakan bahwa Totoro bukanlah Roh pohon atau Roh Gunung, tapi melainkan Totoro adalah dewa kematian. Bagi siapa yang dapat melihat Totoro atau Susuwatari/Mokurokurosuke, maka orang tersebut akan segera meninggal. Apakah rumor itu benar atau tidak mari kita kupas satu-persatu.

Kenapa Totoro dianggap sebagai Shinigami atau dewa kematian, karena film ini dihubungkan dengan pembunuhan yang terjadi pada tanggal 1 Mei 1963, yang dinamakan 狭山事件 “Sayama Jiken” atau insiden Sayama. Kejadian ini terjadi di Sayama, Saitama prefecture. Pada suatu hari seorang anak perempuan yang baru pulang dari sekolahnya hilang, dan beberapa waktu kemudian mayatnya ditemukan di pinggir hutan. Orang yang pertama kali menemukan mayat sang adik adalah kakaknya sendiri. Ketika melihat kenyataan bahwa adiknya dibunuh, sang kakak menjadi trauma. Dan ketika ditanya apa yang terjadi, sang kakak menjawab “saya bertemu dengan Tanuki (sejenis rakun) yang sangat besar” dan “saya juga melihat monster kucing”. Apakah jawaban ini menginspirasi tokoh-tokoh dalam film Totoro?.

Kalau hanya berdasarkan cerita ini, mungkin belum bisa membuktikan bahwa film ini berhubungan dengan insiden Sayama, pada adegan dalam film jika kita perhatikan dengan sangat cermat, maka akan kita temukan beberapa fakta.

Pertama tulisan 狭山茶 “Sayamacha” yang artinya teh dari Sayama yang terlihat pada kotak, pada saat nenek Kanta dan Mei menyusun barang-barang.

4Tulisan kanji Sayamacha dengan latar biru

poster yang digunakan oleh Studio Ghibli dalam mengiklankan film ini, terlihat bahwa, bukan Satsuki yang memegang payung sebagaimana terdapat dalam film. melainkan Mei yang menggunakan baju Satsuki, tentu saja ini menjadi sebuah pertanyaan? ada apa dengan Mei? apakah Mei baru pulang sekolah, kemudian menunggu bus?

vhscoverPoster Tonari no Totor; terlihat Mei yang menggunakan payung

Nama Satsuki dan Mei, insiden Sayama terjadi di bulan Mei, sama dengan nama adek yang bulan Mei, sedangkan Satsuki juga berarti bulan Mei dengan pengucapan yang berbeda dalam bahasa Jepang.

Rumah sakit tempat Ibu Mei dan Satsuki dirawat bernama 七国病院 shichikoku byouin, jika diartikan akan menjadi “Rumah Sakit Tujuh Negara”, sedangkan nyatanya di daerah Sayama, Saitama prefecture terdapat rumah sakit 八国病院 hachikoku byouin, yang berarti “Rumah Sakit Delapan Negara”.

Totoro17Kanji untuk rumah sakit tempat ibu Mei dan Satsuki dirawat

Ketika Mei menghilang, kemungkinan Mei sudah meninggal tenggelam di dalam kolam. Karena sepatu yang sama yang dipakai oleh Mei ditemukan disana. Tapi setelah dicermati lagi, sepatu yang digunakan oleh Mei berbeda dengan yang ditemukan di kolam. Tapi disini timbul suatu pertanyaan, apabila Mei sudah meninggal, dan Totoro merupakan dewa kematian. Pada saat Satsuki meminta pertolongan pada Totoro untuk mencari Mei, pada saat itu juga Satsuki meninggal atau memasuki dunia lain, karena dalam adegan ini, kita tidak melihat bayangan milik Satsuki, ini merupakan suatu pertanyaan, kenapa Ghibli studio yang terkenal dengan detailnya melupakan ini. pada saat kaki Satsuki kotor digambarkan dengan jelas. Dan juga waktu Satsuki mencari Mei di persimpangan jalan, saat itu Satsuki masih memiliki bayangan.

Totoro13Sepatu yang digunakan oleh Mei

Totoro1Sepatu yang ditemukan di Kolam

Totoro10Satsuki mencari Mei; masih memiliki bayangan

Totoro11Kaki Satsuki yang Kotor

Totoro3Satsuki meminta pertolongan Totoro

Totoro4Satsuki yang memasuki terowongan dan tidak memiliki bayangan

Nekobasu, yang diminta oleh Totoro untuk mengantar Satsuki ke tempat Mei berada, pada bagian atas dari Nekabasu terdapat kanji yang merupakan nama tempat yang dituju. Disana terdapat kanji 墓道, apabila kita menggunakan google translate untuk mengartikan kata-kata ini, maka artinya adalah jalan kuburan, kalau di dalam film diartikan “Cemetery-shrine” atau pemakaman suci. Apakah tugas dari nekobasu itu sendiri?, apakah dia merupakan alat transportasi menuju dunia lain yang digunakan oleh Totoro?. Dan juga Nekobasu tidak bisa dilihat oleh orang dewasa pada umumnya.

Totoro7Tulisan kanji tujuan dari Nekobasu

Totoro14Totoro15Kedua orang dewasa ini, tidak bisa melihat Nekobasu

Masih terdapat beberapa hal lainnya yang menghubungkan film ini dengan insiden pembunuhan di Sayama. Sumber-sumber tersebut ditulis dalam kanji bahasa Jepang, sangat tidak mungkin bagi saya untuk menelusurinya.

Saya pribadi berpendapat bahwa film ini secara objektif sangat bagus dan sekali lagi saya katakan, saya tetap jatuh hati pada film ini. Film animasi yang sangat bagus dan imajinatif. Tulisan ini hanya ingin menyampaikan informasi tentang hal-hal yang mungkin diluar dari dugaan kita. Apapun itu, tetap saja semuanya dikembalikan kepada kita tentang bagaimana kita menilai dan melihat sesuatu dengan sudut pandang kita masing-masing.

4 responses to “Misteri di balik film TOTORO

  1. positiv thinking aja yg spatu ma gk ada bayangannya
    yg spatu mungkin sengaja biar timbul konflik pemahaman (trool)
    yg bayangan kita anggap itu malam karna nyaris di malam hari kita gk bsa liat noh bayangan

  2. iya. aku juga suka banget sama anime ini. aku suka banget sma karangannya studio gibli. mulai dari spirited away, ponyo, howl’s moving castle, porco rosso, kiki’s delivery service,dll
    gimana ya. ceritanya itu berkesan didlm ingetanku. sampe kapanpun aku masih nginget dgn baik. pokoknya difilm totoro ini bener2 digambarin secara detail gmn hutan yg damai itu.

  3. iya. aku juga suka banget sama anime ini. aku suka banget sma karangannya studio gibli. mulai dari spirited away, ponyo, howl’s moving castle, porco rosso, kiki’s delivery service,dll
    gimana ya. ceritanya itu berkesan didlm ingetanku. sampe kapanpun aku masih nginget dgn baik. pokoknya difilm totoro ini bener2 digambarin secara detail gmn hutan yg damai itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s