Film Totoro

Film animasi Totoro, judul aslinya “Tonari no Totoro”, dalam bahasa inggris “ My neighbor Totoro” merupakan film animasi yang sangat bagus dan layak untuk ditonton. Film ini diproduksi pada tahun 1988 oleh Studio Ghibli dengan director Hayao Miyazaki. Walaupun waktu film ini diproduksi saya masih sangat kecil, tapi sekarang saya masih bisa menikmati film ini. Saya tertarik untuk menonton film ini, karena sering mendengarkan lagu soundtrack film ini dinyanyikan oleh anak-anak Indonesia yang tinggal di Jepang, sangat lucu mereka bernyanyi.

Inilah sinopsis dari film animasi “Tonari no Totoro” dalam versi saya;

totoro-poster

Film ini bercerita tentang keluarga Satsuki dan Mei yang pindah ke rumah baru. Rumah baru tersebut terletak di pinggir hutan, disana terdapat pohon yang sangat besar. Satsuki dan Mei mengalami berbagai hal yang aneh di rumah barunya, pertama kali ketika mereka melihat “Susuwatari” atau “Mokurokurosuke” yang merupakan segerombolan mahluk yang berukuran kecil dan berbentuk seperti bola hitam, Nenek Kanta dalam film ini menerangkan bahwa Susuwatari atau Mokurokurosuke, berkembang biak di rumah yang sudah tua dan kosong, hanya anak-anak yang bisa melihat susuwatari ini, dan nenek Kanta mengatakan bahwa waktu kecil Ia juga melihatnya. Ibu Satsuki dan mei yang sedang dirawat di rumah sakit, tidak ikut dalam proses pindahan ini, hanya Satsuki, Mei dan ayahnya, yang dibantu oleh Nenek Kanta.

2

Satsuki dan Mei melihat Mokurokurosuke di dapur

3Mei yang menangkap Mokurokurosuke

Dari sinilah dimulai fantasi dalam film ini, Mei yang tengah bermain sendirian menemukan biji pohon ek, tidak hanya satu, Mei menemukan yang lainnya, sampai Mei menemukan sumber dari biji pohon ek ini. seekor mahluk yang berbentuk kelinci, atau yang disebut dengan Totoro, membawa sekantong penuh biji pohon ek, karena pada kantong terdapat bagian yang bolong menyebabkan biji tersebut berceceran, biji yang dipungut oleh Mei. Ketika melihat Totoro kecil tersebut, Mei lansung mengejarnya, terjadilah aksi kejar-kejaran Mei dengan Totoro, Totoro kecil berlari menuju hutan dan masuk ke sebuah lorong yang terbuat dari semak-semak. Mei pun terus mengikuti Totoro kecil, dan pada ujung lorong terdapat sebuah ruangan besar, dimana Totoro yang paling besar tinggal. Mei sangat senang berjumpa dengan Totoro besar itu.

9Mei bertemu dengan Totoro

Ketika satsuki pulang dari sekolah, Ia tidak menemukan Mei, Satsuki bersama dengan ayahnya mencari Mei, sampai ke pinggir hutan. Dan akhirnya mereka menemukan Mei yang tertidur di dalam lorong semak-semak tadi. Mei pun menceritakan pertemuannya dengan Totoro kepada Satsuki, hal ini membuat satsuki penasaran.

11Satsuki dan Mei yang meminjamkan payung pada Totoro

Kisah ini dilajnutkan, pada saat Satsuki dan Mei menjemput Ayah mereka ke stasiun bus. Pada waktu itu hujan lebat, Satsuki pun membawa dua buah payung, satu dipakai untuk dirinya dan Mei, dan satu lagi merupakan payung yang akan dipakai oleh ayah mereka. Di tempat pemberhentian bus, waktu mereka menunggu kedatangan sang Ayah, tiba-tiba di sebelah mereka telah berdiri seekor mahluk yang berbentuk kelinci dengan ukuran yang sangat besar, itulah Totoro. Totoro yang kehujanan hanya memakai daun talas sebagai payungnya. Satsuki yang pada awalnya takut, dan memberanikan diri untuk bertanya, apakah kau Totoro?, mahluk itu pun menjawab, hal ini membuat Satsuki lega dan meminjamkan salah satu payungnya, payung yang rencananya akan digunakan oleh sang ayah. Totoro sangat senang dengan payung yang dipinjamkan oleh Satsuki, sebagai balas jasa Totoro memberikan sebuah bungkusan kepada Satsuki, setelah itu dia pergi dengan menggunakan “Nekobasu” atau kucing yang berbentuk bus, yang digunakan oleh Totoro untuk pergi ke suatu tempat.

12Mereka menari di kebun Satsuki dan Mei

14Satsuki dan Mei terbang bersama Totoro

Sesampainya di rumah, Satsuki dan Mei membuka bungkusan yang diberikan oleh Totoro. Bungkusan itu berisi berbagai macam biji-bijian, Satsuki dan Mei pun menanam biji-bijian tersebut dan mereka ingin membuat hutan mereka sendiri dengan biji-biji tersebut. Pada malam harinya, Totoro datang ke kebun Satsuki dan Mei, Mereka melakukan semacam gerakan-gerakan lucu, hal ini membuat Mei dan Satsuki terbangun, melihat tingkah para Totoro, Satsuki dan Mei pun mengikuti gerakan mereka, apa yang terjadi?. Biji yang baru ditanam pun tumbuh menjadi tunas, tunas-tunas pun tumbuh dan terus tumbuh menjadi hutan yang rimbun. Setelah itu, Totoro menyuruh Satsuki dan Mei untuk bergelantungan di perutnya, dan mereka pun terbang dengan kekuatan yang dimiliki oleh Totoro, sangat indah terbang di bawah sinar rembualan, Totoro terbang membawa mereka  ke pucuk pohon besar yang merupakan rumah Totoro sendiri. Di atas pucuk pohon, di bawah sinar rembulan, mereka menup “Ocarina”, sebuah alat musik tiup yang berbentuk bulat lonjong dan tidak terlalu panjang, sebesar kepalan tangan orang dewasa, suara yang dihasilkan sangat romantis sekali, di bawah langit malam dan sinar bintang.

15Satsuki, Mei dan Nenek Kanta sehabis memanen sayur

Pada musim panas ini, Satsuki dan Mei membantu nenek Kanta memetik buah-buahan di kebun, mereka memetik timun, jagung, tomat dan berbagai jenis sayuran. Ini bagian yang saya suka, saat mereka mencuci timun dan lansung memakannya, pada bagian ini penuh dengan pesan moral, saat nenek Kanta bilang bahwa dengan sinar matahari yang cukup membuat sayuran ini enak, dan sangat bagus untuk kesehatan, seharusnya ibu kalian memakan sayuran ini biar dia cepat sembuh.

Pada saat yang bersamaan datang telegram dari rumah sakit yang mengatakan bahwa Ayah Satsuki dan Mei harus segera ke rumah sakit. Adegan ini mulai memasuki klimaks, saat semua khawatir tentang keadaan Ibu Satsuki dan Mei, saat Mei hilang, saat-saat paniknya Satsuki dan seluruh warga desa mencari Mei, saat semuanya berubah menjadi ketegangan, dan akhirnya…?

Lebih baik anda sendiri yang menonton kisah ini dan menyimpulkan bagaimana akhir dari film ini, ini merupakan film animasi untuk anak-anak dan tentu saja akan berakhir dengan bahagia. Apakah anda setuju, atau sebaliknya, film ini menyimpan suatu misteri?.

selamat menyaksikan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s