Shushi dan Shashimi

Kita tentu saja sudah mengenal shushi dan shashimi. Makanan khas dari jepang yang sangat terkenal. Makanan ini menggunakan daging ikan atau hewan lainnya yang masih mentah atau setengah matang. Walaupun yang digunakan adalah daging mentah atau yang setengah matang, tapi daging tersebut merupakan daging pilihan yang telah diukur kadar gizi dan kadar vitaminnya, tidak sembarang daging yang digunakan untuk membuat makanan ini. Daging yang digunakan harus memenuhi standar tertentu dan juga dengan menggunakan tehnik khusus. Kagoshima, Jepang terkenal dengan shasimi ayamnya, daging ayam yang dimasak setengah matang lalu diris tipis-tipis.

Perbedaan antara shushi dan shashimi; shushi merupakan bola nasi yang dibungkus dengan daging mentah atau setengah matang, sedangkan shashimi hanya irisan dari daging yang telah dipotong tipis-tipis. Sebagai pelengkap makanan ini adalah “Soyu”; kecap asin Jepang dan “Wasabi”; sambal Jepang, yang sensasi pedasnya seperti memakan daun mint.

Tulisan ini akan menceritakan perjalanan saya ke Nagashima bersama rekan-rekan yang tergabung dalam International tour yang disponsori oleh pemerintah kota Kagoshima. Kunjungan kami ke tempat penangkapan ikan di pulau ini, dalam kunjungan ini para staff dermaga mempraktekkan tehnik pembuatan shushi. Ikan yang digunakan atau disuguhkan pada kami adalah ikan “Buri”, dalam bahasa inngris juga disebut dengan “yellow tail fish”, ikan yang sangat enak dan terkenal di sini.

Image

Kepala ikan dipotong terlebih dahulu, kemudian daging dipisahkan dari tulang.

Image

Lalu kemudian daging ikan diris-iris tipis

Image

Dalam pembuatan shushi diperlukan bola nasi yang selanjutnya dibungkus dengan daging tadi, sedangkan untuk shashimi, bisa disajikan lansung. Begitulah sedikit cerita perjalanan saya ke demaga di pulau Nagashima.

ImageImageImage

One response to “Shushi dan Shashimi

  1. Pingback: Perjalanan ke Pulau Nagashima | Adventure in Rijal's Brain·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s