“Kebakaran…kebakaran”

Hari ini tanggal 28 November 2012, jam 3.30, saya melakukan aktivitas biasanya di ruangan saya, di gedung sains, Universitas Kagoshima, Jepang. Ketika sedang asyik menulis, tiba-tiba saja alarm kebakaran berbunyi

“….Kriiiing….Kriiiiiiing…Kriiiiing”

Image

Bunyi yang mengagetkan semua orang yang sedang bekerja. Tentu saja semua berlari ke luar, setiap pekerjaan ditingalkan begitu saja, yang paling penting adalah segera keluar dan menyelamatkan diri. Kampus Universitas Kagoshima terbakar, semua orang berkumpul di luar gedung.

Kira-kira seperti itulah simulasi kebakaran yang terjadi saat ini. Setelah semua orang keluar dan berkumpul di tempat terbuka, maka petugas pun memulai menerangkan apa saja yang dilakukan kalau kebakaran terjadi, dan juga memperagakan bagaimana cara memadamkan api, dan aksi lainnya.

Image

Image

Sekilas hal ini sangat sepele, tapi bagaimana kalau hal ini benar-benar terjadi. Alangkah paniknya kita semua kalau sebelumnya kita tidak mengetahui apa yang seharusnya dilakukan dalam tragedy kebakaran. Dengan adanya simulasi ini sekurang-kurangnya memberikan informasi dan training kepada kita terhadap semua hal yang akan terjadi.

Selalu waspada terhadap keadaan sekitar kita dan hindari bencana kebakaran dengan selalu mematikan peralatan listrik kalau tidak di rumah, serta kompor, rokok dan benda-benda yang biasanya mudah terbaka.

Learn for better life”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s