Angklung di negeri Sakura

Indonesia, Negara yang besar dengan budaya yang beraneka ragam. Apabila kita menceritakan tentang kebudayaan yang terdapat di Indonesia ke dalam buku secara detail, akan dibutuhkan lebih dari 50 buah buku untuk membahasnya satu persatu. Karena banyaknya suku dan budaya yang membentuk Negara ini, Indonesia. Tulisan ini akan membahas salah satu dari sekian banyak budaya yang terdapat di Indonesia. Saya akan menceritakan tentang sebuah alat musik dari Indonesia yang sampai ke negeri sakura “Jepang”, alat musik tersebut adalah Angklung.

Angklung merupakan alat musik yang terbuat dari bambu. Angklung merupakan alat musik multitonal (bernada ganda) yang dimainkan oleh group, satu buah angklung akan mewakili satu nada. Angklung berasal dari Jawa Barat atau lebih tepatnya suku Sunda. Kata angklung sendiri berasal dari kata “angka” dan “lung”, angka berarti nada dan lung berarti putus atau hilang. Jadi, angklung bisa diartikan sebagai alat musik dengan nada yang terputus atau hilang. Kita sebagai bangsa Indonesia harus berbangga dengan kekayaan yang kita miliki, karena ini merupakan harta karun abadi untuk bangsa Indonesia dan UNESCO pun telah mengakui alat musik ini sebagai warisan budaya dunia, Angklung adalah Indonesia itu sendiri.

Saya pertama kali memainkan angklung, adalah ketika saya berada di negera lain, bukan Indonesia. Beberapa orang jepang yang membentuk sebuah group yang disebut “Bhinneka” lebih mencintai angklung dan lebih mahir memainkan musik ini dibandingkan saya. Hal ini tidak membuat saya malu, saya pun tidak malu belajar memainkan alat musik ini dari mereka. Justru sebalinya, saya merasa sangat bangga dengan hal ini, inilah penghargaan yang luar biasa terhadap Negara kita Indonesia. setiap warga Negara Indonesia seharusnya bangga dengan hal ini, walaupun kita tidak bisa memainkan alat musik ini ataupun alat musik ini bukan alat musik tradisional daerah/suku kita. Tetapi kita tetap satu Indonesia dengan kekayaan budaya yang kita miliki. Kebanggaan itu juga bisa diwujudkan dengan mempertahankan budaya dan tradisi daerah kita masing-masing, karena itulah Indonesia “ Berbeda tapi tetap satu”

Image

Angklung yang dimainkan dalam suatu group, menyatukan nada-nada yang berbeda sehingga sebuah lagu bisa dimainkan dengan penuh harmonisasi. Begitu juga dengan kami, penuh harmonisasi menyatukan pelajar-pelajar Indonesia yang berasal dari setiap pelosok Indonesia dengan orang-orang jepang yang mencintai angklung. Terciptalah suatu lagu yang merdu, yang bisa membuai perasaan orang yang mendengarnya. Dalam setiap acara, penonton selalu merasa terhibur bahkan mereka pun ingin untuk memainkan alat musik ini. Betapa bangganya sebagai bangsa Indonesia.

Image

Dalam getaran angklung, sebuah harmonisasi dimainkan,

dalam getaran angklung menyatukan kita yang berbeda,

dalam getaran angklung sebuah kebanggaan untuk Ibu Pertiwi

dalam getaran angklung, menyanyikan sebuah cinta yang memberi semangat,

dalam getarannya, lantang terdengar “Aku Cinta Indonesia”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s