Japanese Food : “Misoshiru”

Makanan yang paling umum ditemukan, apabila kita makan di warung-warung atau restoran di jepang adalah “Misoshiru”. Makanan ini adalah sejenis sup, yang dibuat dengan menggunakan kaldu yang dinamakan “dashi”. Dashi berbahan baku ikan atau jamur.

Menu di warung-warung atau restoran Jepang disajikan dalam bentuk set-set tertentu, salah satu pelengkap dari set tersebut adalah Misoshiru ini. Misoshiru pun memiliki rasa yang bervariasi, dan juga bahan utama yang dijadikan juga bervariasi.

Misoshiru Kerang - RijalSatu set masakan Jepang, salah satunya  adalah Misoshiru dengan bahan utama kerang di Pulau Yakushima (Piring berwarna merah).

Misoshiru - RijalMisoshiru yang sering ditemui di warung-warung di Jepang.

Suatu ketika, saya diajak oleh salah satu rekan di laboratorium untuk melakukan penelitian ke beberapa pulau, salah satu pulau yang kami kunjungi adalah Pulau Iwojima (Pulau Belerang). Di pulau ini kami disajikan misoshiru yang berbahan utama kepiting dan Takenoko Misoshiru (Misoshiru dengan bahan utama rebung).

Misoshiru Kepiting - RijalMisoshiru Kepiting.

Takenoko Misoshiru - RijalTakenoko Misoshiru.

Dan di lain waktu, saya mengikuti sebuah tur yang diadakan oleh pemerintah daerah Kagoshima. Tur ini memperkenalkan tentang makanan dan minuman di Kagoshima. Pada waktu makan siang, kami disguhi dengan misoshiru yang berbahan utama Ikan Buri (Bahasa jepang; Japanane Amberjack or yellowtail, family Carangidae).

Buri no MisoshiruBuri no Misoshiru.

Banyak lagi variasi dari misoshiru ini, saya dan beberapa orang teman pernah membanding-bandingkan rasa dari beberapa misoshiru di Kagoshima dan tempat lainnya. Kami membuat peringkat untuk misoshiru yang telah kami cicipi, dan menurut selera saya, karena selera itu relatif, Misoshiru dengan rasa nomor satu versi saya adalah Misoshiru Kerang dari Pulau Yakushima. Saiko…!

About these ads

One response to “Japanese Food : “Misoshiru”

  1. Pingback: Japanese Food : “Kame no te” | Adventure in Rijal's Brain·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s